Selasa, 01 Mei 2012

Dinkes Bersama Personil Kompi C Gunungtua Gelar Fogging


INFO PALUTA.com-Dalam rangka mengantisipasi merebaknya kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) khususnya di Wilayah Gunungtua, Kecamatan Padangbolak, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) puluhan staf Dinas Kesehatan (Dinkes) Paluta, Puskesmas Gunungtua bekerjasama dengan puluhan personil Kompi Senapan (Kipan) C 123 Rajawali Gunungtua menggelar penyuluhan DBD door to door sekaligus pengasapan (Fogging) di wilayah Lingkungan Satu, Kelurahan Pasar Gunungtua hingga Tobat, Kecamatan Padangbolak. Penyuluhan tersebut dilakukan karena warga yang terserang penyakit ini mengalami peningkatan. Sepanjang tahun 2012 ini sudah ada beberapa warga dan balita yang meninggal dunia.

"Kita tidak ingin ada korban lagi, maka kita siaga dengan melakukan pemberantasan dan penyuluhan 3M Plus agar masyarakat mengerti betapa bahayanya penyakit DBD ini langsung kerumah-rumah warga," kata Plt Kadiskes Paluta H Darwin Harahap didampingi Kabid PMK dr Arnalom Sitorus Pane, Kasi P2P Ardisyahbana Harahap, Camat Padangbolak Tunggul P Harahap, S.Sos, Lurah Pasar Gunungtua H Abdul Rahman Harahap, Komandan Regu (Danru) Serda Ardiansyah Siregar, Kepling Satu Khairul

Saleh Harahap dan Sekretaris Umum Majelis Daerah KAHMI Paluta Ganti Paruntungan Pulungan, SKM, Jum"at (27/4) siang disela-sela penyuluhan.

Kasi P2P Ardi syahbana menyebutkan, sebelum melakukan pengasapan, mereka bersama personil senapan C 123 rajawali memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada warga, tentang bahaya dan penanggulangan DBD, langsung ke pintu rumah warga dari Kampung dalam hingga Tobat.

"Kegiatan serupa akan digilir ke desa-desa lain di seluruh wilayah Padanglawas Utara. Tujuanya adalah untuk memberikan pencerahan kepada warga desa tentang bahaya serangan nyamuk DBD. Mudah-mudahan kegiatan ini, membantu warga sebagai pencerahan. Ini merupakan cara jitu hindari serangan DBD," terangnya.

Ardi menambahkan pihaknya telah menyampaikan imbauan agar warga menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sebagai upaya menekan penyebaran penyakit DBD, antara lain dengan menerapkan Program 3M Plus (menguras tempat penampungan air, membersihkan kotoran dan lingkungan yang potensial menjadi habitat nyamuk penyebab DBD, dan menimbun barang-barang yang dapat menjadi tempat genangan air di lingkungan sekitar warga.

Selain itu, petugas Dinkes Paluta dibantu personil Konfi Senapan C 123 Rajawali Gunungtua juga membagikan bubuk abate kepada masyarakat dan para pedagang disepanjang Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Pasar Gunungtua, Kecamatan Padangbolak. (ong)
BERITA LAINNYA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar