Selasa, 01 Mei 2012

Tahun ini, 70 Desa di Paluta Pilih Kades Baru

Paluta, (Analisa). Tahun ini, direncanakan sebanyak 70 desa di Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), bakal menggelar pemilihan kepala desa (pilkades).
Ke-70 desa ini merupakan desa yang tertinggal yang tidak melaksanakan pilkades dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, untuk pelaksanaan pilkades itu sendiri, belum dapat dipastikan. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Badan Pemdes dan Kelurahan Paluta, Drs Mahlil Rambe yang dikonfirmasi melalui Kabid Pemdes, Natoras Harahap, Minggu (29/4), kepada Analisa.

Natoras menyebutkan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan terkait pilkades yang digelar tersebut serta sedang mempersiapkan data-data terkait dengan desa-desa yang belum pernah ikut menyelenggarakan pilkades. "Tahun ini, semua desa di 9 Kecamatan yang belum menggelar Pemilihan, akan diikutkan, Total semua ada 70 desa yang akan ikut pilkades ," kata Natoras.

Untuk pelaksanaan pilkades, lanjutnya, Natoras belum bisa memastikannya. Dia memerlukan kordinasi dengan berbagai pihak untuk menentukannya. "Untuk waktunya masih lama, dan belum bisa ditentukan. Soalnya, diperlukan kordinasi dengan semua pihak. Mudah-mudahan kalau APBD sudah disyahkan, masalah pilkades bisa dijawab kapan diselenggarakan," ungkapnya.

Natoras merincikan, dari 70 desa yang akan mengikuti pilkades tersebut, kecamatan yang paling banyak melaksanakan pilkades, adalah Kecamatan Simangambat.

"Tahun ini, kecamatan yang paling banyak melaksanakan pilkades adalah Kecamatan Simangambat, sedang kecamatan lainnya sedikit," terang natoras tanpa menyebutkan berapa jumlah desa-desa apa yang menggelar Pilkades tersebut. Untuk diketahui, tahun 2009, Paluta menggelar Pilkades sebanyak 102 desa, tahun 2010, Sebanyak 101 desa dan tahun 2011 sebanyak 122. Pelaksanaan Pilkades ini tersebar di 9 kecamatan di Paluta.
BERITA LAINNYA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar