Jumat, 29 Juni 2012

Data e-KTP di Paluta Tembus ke Angka 12.344 Jiwa


INFO PALUTA.com-Perekaman data elektronik KTP (e-KTP) di Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) sejak diluncurkan Bupati Padanglawas Utara Drs H Bachrum Harahap, 18 Juni 2012 hingga Rabu (27/6) sudah mencapai angka 12.344 jiwa, dari jumlah total warga wajib e-KTP sebanyak 176.945 jiwa. "Jumlah perekaman data e-KTP di seluruh wilayah Kecamatan di Kabupaten Padanglawas Utara hingga Rabu 27 juni 2012 tercatat sebanyak 12.344 jiwa," kata Kadis Dukcapil Paluta, Ihpan Siregar SSos dikonfirmasi melalui Kasi Pengolahan Data dan Informasi Sugeng Siregar SSTP MAP, kepada Analisa, Kamis ( 28/6). Sugeng menyebutkan, perekaman data e-KTP di Kabupaten Padanglawas Utara dilakukan secara serentak di 9 kecamatan yang ada di Paluta, permasalahan yang sering terjadi adalah alat perekaman masih sering tidak mendeteksi perekaman, kedua alat yang msh kurang dan belum lengkap dikirim pusat dan ketiga listrik dikecamatan sering terganggu serta jarak tempuh masyarakat yang jauh ke kantor camat.

Dikatakan, pihaknya tidak menargetkan masing-masing kecamatan untuk mampu menyelesaikan perekaman data untuk e-KTP dimasing-masing kecamatan. Dan ternyata semua kecamatan berhasil melaksanakan tugas termasuk Kecamatan Padangbolak mampu mencetak e-ktp perhari untuk 2 set.

Dengan pencapaian jumlah tersebut, ia optimistis perekaman data penduduk bisa rampung paling lambat akhir Oktober mendatang, sehingga e-KTP sudah bisa diserahkan kepada pemiliknya masing-masing Desember 2012.

Sugeng menambahkan, Perekaman data e-KTP merupakan Program Nasional yang harus didukung bersama. Karena program e-KTP merupakan implementasi kebijakan di bidang administrasi kependudukan yang didukung dengan seperangkat landasan hukum yakni UU No. 23 th 2006 tentang administrasi kependudukan. Dengan terbangunnya database kependudukan, diharapkan status kependudukan seseorang menjadi pasti dan penyalahgunaan dokumen kependudukan seperti pemalsuan biodata, kepemilikan KTP ganda, pemalsuan umur dan status seseorang bisa ditekan. (Analisa)
Berita Terkait :
Bupati Paluta Luncurkan E-KTP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar