Sabtu, 30 Juni 2012

Jumlah Calon Jamaah Haji Paluta 241 Orang


INFO PALUTA.com-Tercatat sebanyak 241 Jamaah Calon Haji ( Calhaj) dari Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) akan diberangkatkan menuju tanah suci Mekkah Al-Mukarromah pada musim haji tahun ini.
“Porsi jamaah calon haji Paluta tercatat sebanyak 241,” kata Pelaksana yang melaksanakan tugas (Pymt) Kakan Kemenag Kabupaten Padanglawas Utara, Drs H Saripuddin Siregar, kepada Analisa, Rabu (27/6) di ruang kerjanya. Sebelum keberangkatan, kata dia, para jamaah calon haji terlebih dahulu bakal diberi pembekalan dengan memberikan manasik haji.
“Sebelum berangkat untuk menunaikan ibadah haji menuju ke Mekkah, mereka akan diberi manasik haji ditiap kecamatan tempat mereka berasal,” terangnya.
Saripuddin menyebutkan, para calon jamaah haji (CJH) yang berangkat tahun ini asal Paluta berasal dari 9 Kecamatan. Kecamatan yang paling banyak jamaah calon haji berangkat tahun ini yakni Kecamatan Padangbolak sedangkan Jamaah Calon Haji yang paling sedikit berasal dari kecamatan Dolok. Untuk masalah pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH), hal itu harus sesuai aturan dan kami sampai saat ini masih menunggu putusan Peraturan Presiden (Perpres) tentang BPIH tahun 1433H/2012.
Disinggung apakah jumlah jamaah calon haji dari Kabupaten Padanglawas Utara bisa bertambah lagi dari porsi yang sudah ditetapkan, Saripuddin menjelaskan, masalah pertambahan untuk jamaah calhaj itu kemungkinan bisa bertambah, tergantung dari pusat.
“Kuota tersebut kemungkinan masih bisa bertambah, harapan kita tahun ini bisa bertambah,” ungkapnya.
Untuk diketahui, musim haji tahun 2011 lalu, Sebanyak 286 calon haji Paluta yang terdiri dari 141 laki-laki dan 145 perempuan diberangkatkan menuju tanah suci Mekkah Al-Mukarromah. Dari 286 jumlah calhaj itu, calhaj tertua adalah Nuria Siregar (86) dari Kecamatan Halongonan. Sedangkan calhaj termuda Sri Kurniati dari Kecamatan Padang Bolak, berusia 28 tahun. (Kemenag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar